August 4, 2010

Website Ramah Lingkungan

Jika setiap satu orang yang memiliki blog atau website di seluruh dunia, dapat dipastikan bahwa jumlah website yang beredar sebanyak populasi masyarakat dunia. Tetap dengan seiring makin mudahnya membuat blog/website, ditunjang oleh penyedia layanan gratis social media setiap satu orang sangat mungkin mengelola lebih dari website.

Setiap website dipastikan mempunyai satu tuuan yang sama, yaitu dikenal dan dikunjungi oleh banyak orang, bahkan teknologi SEO pun dikembangkan untuk memenuhi tujuan tersebut.

Lalu....

Adakah hubungan dan pengaruh terhadap lingkungan, lebih lebih terhadap sumbangan peningkatan CO2?
Membuat blog/website termasuk penyumbang rusaknya lingkungan?
Tentu saja ini kesimpulan yang kurang tepat dan tergesa-gesa, apalagi jika dihubungkan secara langsung antara rusaknya lingkungan dengan website. Akan tetapi, satu website terhubung dengan web server, juga karena kemampuannya tersambung dengan processor dan memory, dan untuk mengaksesnya dibutuhkan komsumsi energi (termasuk energi untuk monitor komputer) dan menghasilkan emosi CO2. Setiap website yang terbaca oleh satu orang tidak begitu berarti, namun jika dalam waktu yang bersamaan dibaca oleh jutaan orang secara bersamaan dapat mengasilkan beberapa ribu miligram emisi CO2.

Source: Katulistiwa.info

1 comment:

fattah said...

umpat balilihat ja nah